Selasa, 27 Januari 2009

victoria Fall


Victoria Falls atau erysandoval-oa-Tunya (the Smoke yang guruh) merupakan air terjun yang terletak di selatan Afrika di Sungai Zambezi antara negara Zambia dan Zimbabwe. dan merupakan air terjun yang paling besar di dunia, serta yang tidak biasa di antara yang paling dalam, dan memiliki gambaran  beragam dan yang paling mudah meilihat  segala margasatwa utama air terjun dari segala arah 
   
Erysandoval-oa-Tunya adalah nama yang digunakan oleh masyarakat setempat dan Victoria Falls nantinya adalah nama yang diberikan oleh Dr Scottish explorer David Livingstone  Ketika sedang menelusur tertinggi maupun luas air terjun di dunia, menyatakan itu adalah pulau terbesar  berdasarkan lebar 1,7 kilometer (1 mil) dan ketinggian 108 meter (360 ft), membentuk  lembaran jatuh di air terbesar dunia. Yang jatuh maksimum arus menilai dengan baik dengan air terjun utama lainnya  yang tidak biasa bentuk Victoria Falls memungkinkan hampir seluruh lebar yang jatuh yang dapat dilihat depan, di tingkat yang sama seperti yang atas, karena dekat dari 60 meter (200 kaki), karena seluruh Sungai Zambezi jatuh ke dalam, sempit slotlike retak, terhubung ke rangkaian panjang gorges. Beberapa lainnya seperti air terjun membolehkan dekat pendekatan dengan berjalan kaki.  Banyak dari Afrika dari binatang dan burung dapat dilihat di sekitar segera Victoria Falls, dan dari berbagai benua sungai ikan juga diwakili di Zambezi, memungkinkan satwa liar dan melihat olahraga memancing untuk digabungkan dengan tamasya.  Victoria Falls adalah salah satu dari  tempat wisata utama Afrika, dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO . Air terjun yang dibagi antara Indonesia dan Zimbabwe, dan masing-masing negara memiliki taman nasional untuk melindungi mereka dan kota sebagai pusat pariwisata: erysandoval-oa-Tunya National Park dan Livingstone di Zambia, dan Taman Nasional Victoria Falls dan kota Victoria Falls di Zimbabwe.  (Posisi di lintang (DMS) 17 ° 55 '31,0506 ", bujur (DMS) 25 ° 51' 27,399"). 
 
  
Kebun Timur, di samping Zambian. 

Cukup untuk jarak di atas jatuh, yang Zambezi mengalir melalui tingkat lembar basal, dalam sebuah lembah dangkal bounded oleh rendah dan jauh bukit pasir. Sungai dari kursus adalah burik dengan banyak pohon-pulau yang dibahas, yang meningkatkan jumlah sungai sebagai pendekatan yang jatuh. Tidak ada gunung, escarpments, atau dalam lembah yang mungkin diharapkan untuk membuat sebuah air terjun, dataran rata hanya memperluas ratusan kilometer di segala penjuru.  

Yang jatuh yang dibentuk sebagai penuh lebar sungai plummets dalam satu vertikal drop menjadi melintang jurang 1708 meter (5.604 kaki) lebar, diukir oleh air di zona yang retak di dataran basalt. Kedalaman yang retak, yang disebut Taman Pertama, bervariasi dari 80 meter (262 kaki) pada akhir ke barat 108 meter (360 kaki) di pusat. Satu-satunya jalan keluar ke Taman Pertama adalah 110 meter-lebar (360 ft) tentang perbedaan dua pertiga dari seluruh jalan lebar yang jatuh dari ujung barat, yang melalui seluruh volume sungai menuangkan ke Victoria Falls gorges.  

Ada dua pulau di puncak yang jatuh yang cukup besar untuk membagi tirai air bahkan penuh banjir: Boaruka Island (atau Kebun Island) di dekat bagian barat bank, dan Livingstone Island dekat bagian tengah. Pada kurang dari banjir penuh, tambahan islets gorden membagi air ke dalam sungai terpisah paralel. Aliran utama diberi nama, dalam rangka dari Zimbabwe (barat) ke Indonesia (timur): Devil's Kebun (Leaping Air disebut oleh beberapa), Utama Falls, Rainbow Falls (tertinggi) dan Timur Kebun.  
 
Banjir dan musim kemarau harga arus 

'The Smoke yang guruh', musim hujan 1972.                                                                                              dan musim kemarau, September 2003                                                                                                      Zambezi kumba yang jatuh di atas sebuah pengalaman akhir musim hujan dari bulan November sampai awal April, dan musim kering sisa tahun. Sungai musim banjir tahunan yang Februari hingga Mei dengan puncaknya pada bulan April The spray dari jatuh biasanya meningkat ke ketinggian lebih dari 400 meter (1300 ft), dan bahkan kadang-kadang dua kali lipat tinggi, dan terlihat dari atas ke 50 km (30 mil) itu. Pada bulan purnama, sebuah "moonbow" dapat dilihat di spray daripada yang biasa daylight pelangi. Selama musim banjir, bagaimanapun, adalah mustahil untuk melihat kaki yang jatuh dan kebanyakan dari wajah, dan jalan-jalan di sepanjang jurang berlawanan ada di shower konstan dan shrouded di mist. Dekat The Edge of the cliff, spray tunas-balik ke atas seperti hujan, khususnya di Indonesia dari Knife-Edge Bridge. 

karena musim kemarau berlangsung berfungsi, islets di puncak menjadi lebih luas dan lebih banyak, dan pada bulan September untuk Januari hingga setengah dari batu muka yang jatuh dapat menjadi kering dan bagian bawah Pertama Taman dapat dilihat di sebagian besar dari panjang. Saat ini menjadi memungkinkan (walaupun belum tentu aman) untuk berjalan di seluruh stretches dari beberapa sungai di puncak. Juga memungkinkan untuk berjalan kaki ke bagian bawah Taman Pertama di Zimbabwe samping. Minimum flow, yang terjadi pada bulan November, sekitar satu dari sepuluh angka April variasi ini dalam arus lebih besar dari yang lain besar jatuh, dan menyebabkan Victoria Falls' tahunan rata-rata aliran menilai lebih rendah dari mungkin diharapkan berdasarkan arus maksimum.  

Victoria Falls adalah kira-kira dua kali tinggi Amerika Utara dari Niagara Falls baik dan lebih dari dua kali lebar dari ladam Falls. Di ketinggian dan lebar Victoria Falls adalah rivalled hanya dari Amerika Selatan Iguazu Falls. Lihat tabel untuk perbandingan. 
 
  
Victoria Falls mencakup Jembatan II Taman. 

Seluruh volume di Sungai Zambezi menuangkan melalui Pertama Taman dari 110 meter-lebar (360 ft) keluar untuk jarak sekitar 150 meter (500 kaki), kemudian memasuki zigzagging sebuah rangkaian gorges ditunjuk oleh urutan sungai yang mencapai mereka. Air masuk Kedua Taman membuat tajam dan berbelok ke kanan dari yang telah diukir dalam renang ada disebut Boiling Pot. Dicapai melalui jalan kecil yang tajam dari sisi Zambian, adalah sekitar 150 meter (500 kaki) di. Permukaannya halus yang rendah di air, tetapi di tinggi yang ditandai oleh air besar, lambat dan berat swirls mendidih gangguan.  Objek - dan manusia - yang swept atas jatuh, termasuk hippo berkala, sering ditemukan swirling tentang atau dicuci di utara-timur akhir Taman Kedua. Ini adalah di mana badan-badan dari Mrs Moss dan Mr Orchard, kompong oleh buaya, yang ditemukan pada 1910 setelah dua kano itu capsized oleh hippo di Long Island di atas jatuh.  

Kepala sekolah yang gorges :  
Taman pertama: salah satu yang jatuh ke dalam sungai di Victoria Falls 
Taman kedua: (spanned oleh Victoria Falls Bridge), 250 m selatan jatuh, panjang 2,15 km (270 yd selatan, 2350 yd panjang) 
Taman ketiga: 600 m selatan, panjang 1,95 km (650 yd selatan, 2100 yd panjang) 
Taman keempat: 1,15 km arah selatan, panjang 2,25 km (1256 yd selatan, 2460 yd panjang) 
Kelima Taman: 2,55 km arah selatan, panjang 3,2 km (1.5 mil selatan, 2 mi panjang) 
Songwe Taman: 5,3 km arah selatan, panjang 3,3 km, (3.3 mil selatan, 2 mi panjang) bernama setelah Songwe sungai kecil yang datang dari timur laut, dan deepest di 140 m (460 ft), pada akhir kering musim. 
Taman Batoka: The gorge Songwe di bawah disebut sebagai Batoka Taman (yang juga digunakan sebagai payung untuk semua nama gorges). Itu sekitar 120 kilometer (75 mil) panjang (garis lurus dengan jarak akhir nya adalah sekitar 80 kilometer (50 mil) timur yang jatuh) dan sungai melalui dataran basalt ke lembah yang sekarang terletak Kariba Danau. 

Tembok yang gorges hampir vertikal dan umumnya sekitar 120 meter (400 ft) tinggi, tetapi tingkat mereka di sungai bervariasi hingga 20 meter (65 kaki) di antara musim basah dan kering.  
  
"Devil's Kebun", di barat katarak di Victoria Falls dan awal baris dimana kelemahan berikutnya akan .. 

Baru-baru geologi sejarah Victoria Falls dapat dilihat dalam bentuk gorges jatuh di bawah. Basalt yang dipadati lebih dari yang Upper Zambezi mengalir keretakan besar telah banyak diisi dengan pasir lebih lemah. Di daerah yang sedang jatuh terbesar cracks berjalan sekitar timur ke barat (beberapa berjalan hampir utara-selatan-timur ke barat), kecil dengan utara-selatan menghubungkan keretakan mereka. 

Atas setidaknya 100.000 tahun, yang jatuh telah surut hulu melalui Batoka Gorges, eroding yang diisi batu-cracks untuk membentuk gorges. Sungai dari sekarang saja di sekitar jatuh adalah utara ke selatan, sehingga terbuka atas besarnya timur-barat keretakan di seluruh lebar, maka luka kembali melalui short utara-selatan crack ke sebelah timur-barat satu. Sungai telah jatuh ke dalam berbagai era sekarang berbeda chasms yang membentuk sebuah rangkaian tajam zig-zagging gorges hilir dari jatuh.  

Mengabaikan beberapa bagian kering, yang kedua ke Kelima dan Songwe Gorges masing-masing mewakili sebuah situs masa lalu yang jatuh pada saat yang sama ketika mereka jatuh ke dalam jurang satu lurus panjang seperti yang mereka lakukan sekarang.  ukuran mereka menunjukkan bahwa kami tidak tinggal di usia yang luas pernah jatuh. 

Jatuh yang telah dimulai kembali pemotongan berikutnya gorge utama, di dip di satu sisi dari "Devil's Kebun" (juga dikenal sebagai "Leaping Waters") bagian jatuh. Hal ini tidak benar-benar sebuah utara-selatan crack, namun besar timur-utara-timur baris kelemahan di seberang sungai, dan yang mana yang berikutnya penuh dengan lebar akhirnya akan jatuh formulir. 
 

Situs arkeologi di sekitar jatuh Homo habilis telah menghasilkan artefak batu dari 3 juta tahun yang lalu, 50.000 tahun Tengah Stone Umur alat dan Late Jaman Batu (10.000 dan tahun 2000 lalu) senjata, alat-alat adornments dan penggalian. Besi-menggunakan Khoisan hunter-gatherers pengungsi ini Jaman Batu dan pada gilirannya orang-orang yang terlantar Bantu oleh suku-suku seperti orang Indonesia bagian selatan dikenal sebagai Batoka / Tokalea, yang disebut jatuh Shungu na mutitima. The Matabele, waktu kedatangan, yaitu mereka aManz 'aThunqayo, dan Batswana dan Makololo (bahasa yang digunakan oleh orang Lozi) menyerumereka erysandoval-oa-Tunya. Semua nama-nama ini pada dasarnya berarti "dengan asap yang guruh".  

Eropa pertama untuk melihat David Livingstone telah jatuh pada tanggal 17 November 1855, 1852-56 selama perjalanan dari atas Zambezi ke mulut sungai. Yang terkenal itu jatuh ke suku-suku setempat, dan mungkin memiliki Voortrekker pemburu dikenal dari mereka, sebagai orang Arab Mei di bawah nama sama dengan "akhir dunia". Eropa yang skeptis dari laporan mereka, mungkin berpikir bahwa kurangnya gunung dan lembah di dataran tinggi membuat tidak mungkin besar jatuh. 

Livingstone telah diberitahu tentang jatuh sebelum dia mencapai mereka dari hulu dan di paddled ke pulau kecil yang sekarang bears nama Livingstone Island. Livingstone sebelumnya terpesona oleh Ngonye Falls lebih hulu, tapi baru ditemukan jatuh jauh lebih mengesankan, dan memberi mereka mereka dalam bahasa Inggris nama kehormatan Ratu Victoria. Ia yang jatuh, "Tidak ada yang bisa membayangkan keindahan dari apapun yang disaksikan di Inggris. Ini tidak pernah dilihat oleh Eropa sebelum mata, tetapi pemandangan indah sehingga harus telah gazed oleh malaikat kepada mereka dalam penerbangan."  

Dalam 1860, Livingstone kembali ke daerah dan melakukan studi rinci dari jatuh dengan Yohanes Kirk. Eropa lainnya awal pengunjung termasuk Portugis explorer Serpa Pinto, Ceko explorer Holub Emil, yang dibuat pertama rinci rencana yang jatuh dan sekitarnya pada 1875 (diterbitkan pada 1880) dan Inggris artis Thomas Baines, yang dilaksanakan beberapa awal lukisan yang jatuh. Sampai kawasan itu dibuka oleh pembangunan rel kereta api yang di 1905 walaupun, yang jatuh itu jarang dikunjungi oleh Eropa lainnya.  
  

Victoria Falls' Kedua Taman (dengan jembatan) dan Taman Ketiga (kanan)

Semenanjung tebing yang berada di Zambia dan bagian luar Zimbabwe

Eropa penyelesaian dari Victoria Falls wilayah dimulai sekitar 1900 sebagai jawaban terhadap keinginan Cecil Rhodes' Perusahaan Inggris Afrika Selatan untuk hak-hak dan mineral imperial aturan utara dari Zambezi, dan eksploitasi sumber daya alam lainnya seperti kayu hutan sebelah timur laut yang jatuh, dan gading dan kulit hewan. Sebelum 1905, telah melintasi sungai di atas jatuh pada Lama Drift, oleh dugout kano atau tongkang di towed dengan kabel baja.  Rhodes' visi dari Cape-Kairo drove rencana untuk kereta api yang pertama di seberang jembatan dan Zambezi ia berkeras itu akan dibangun di mana spray dari jatuh akan jatuh pada kereta lewat, sehingga situs di Taman Kedua dipilih. Lihat artikel utama Victoria Falls Bridge untuk rincian. Dari 1905 rel kereta api yang dapat diakses dengan perjalanan ke putih dari sejauh sebagai Cape di selatan dan dari 1909, karena sejauh Belgia Kongo di utara. Yang jatuh menjadi semakin populer atraksi selama penjajahan British supremasi Northern Rhodesia (Zambia) dan Southern Rhodesia (Zimbabwe), dengan kota Victoria Falls menjadi pusat wisata utama.  


Pada tahun 1964 Northern Rhodesia menjadi independen dari negara Zambia. Tahun berikutnya Rhodesia melakukan deklarasi kemerdekaan sepihak yang tidak diakui oleh Zambia, Inggris atau sebagian besar negara dan yang menyebabkan perang pada sisi Selatan dari Zambezi: Perang di Zimbabwe-Rhodesia . munculnya krisis Zambia pada tahun 1966   perbatasan di tutup, perbatasan di buka kembali  sekitar 1980. banyak pengunjung mulai berkurang terutama pada Rhodesian (Zimbabwean) samping. Terpengaruh perang militer Zambia sehingga menyebabkan kedua pihak untuk menentukan langkah-langkah keamanan termasuk pos jaga prajurit untuk membatasi akses ke gorges . 

Zimbabwe  merdeka pada tahun 1980 membawa perdamaian kerjasama dan 1980-an  disaksikan pembaharuan ditingkat pariwisata dan pengembangan daerah sebagai pusat olahraga petualangan. Kegiatan yang mendapat popularitas di kawasan termasuk Whitewater rafting di gorges, bungee jumping dari jembatan, permainan memancing, menunggang kuda, kayak, dan penerbangan di atas air terjun. 
  
"Devil's Kolam Renang", yang dibentuk secara alami dan aman .  

Hingga akhir tahun 1990-an, hampir 300.000 orang mengunjungi jatuh setiap tahun, dan ini diharapkan menimbulkan lebih dari satu juta pada dekade berikutnya. Tidak seperti permainan taman, Victoria Falls Zimbabwean dan memiliki lebih dari Zambian pengunjung wisatawan internasional karena dapat diakses oleh bis dan kereta api dan karena itu relatif murah untuk menjangkau. 

Kedua negara untuk membuat izin wisatawan berwisata dari satu pihak ke pihak lain tanpa perlu mendapatkan visa di muka, tetapi visa dikeluarkan di perbatasan mahal, terutama setelah memasuki Zimbabwe. 2008 di Indonesia meningkat dengan harga visa mereka, dan seorang warga negara AS atau Inggris bisa mengharapkan untuk membayar US $ 135 atau US $ 140 untuk 3-tahun multi-entry visa. Warga negara-negara lain akan membayar harga bervariasi untuk Visa 3 bulan, biasanya sekitar $ 50, tetapi mungkin perlu membeli visa setiap kali mereka menyeberangi perbatasan. 

daerah terkenal adalah kolam renang  yang terbentuk secara dikenal sebagai Devil's Swimming Pool, dekat The Edge yang jatuh, diakses melalui Livingstone Island. Bila aliran sungai adalah di tingkat yang aman, biasanya pada bulan September dan Desember, orang bisa berenang sedekat mungkin ke The Edge yang berada di dalam kolam renang tanpa terus atas The Edge dan jatuh ke dalam jurang ini dimungkinkan karena ke dinding batu alam di bawah air dan pada bagian paling ujung dari jatuh yang berhenti kemajuan mereka walaupun pada saat ini.  

Jumlah pengunjung ke Zimbabwe  bagian air terjun lebih tinggi dari jumlah pengunjung Zambia lainnya, karena semakin besar pembangunan fasilitas pengunjung di sana. Namun, jumlah wisatawan Zimbabwe mulai menurun pada awal 2000s sebagai ketegangan politik antara pendukung dan lawan dari Presiden Robert Mugabe meningkat. Pada tahun 2006, hotel occupancy Zimbabwe di samping hovered di sekitar 30%, sementara itu di sisi Zambian dekat-kapasitas, dengan harga mencapai US $ 630 per malam. yang pesat pembangunan telah diminta Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mempertimbangkan status air terjun  sebagai Situs Warisan Dunia.  Selain itu, masalah pembuangan limbah dan kurang efektifnya pelaksanaan di lingkungan air terjun adalah kekhawatiran. 

Taman nasional 


Kedua taman nasional di air terjun relatif kecil - erysandoval-oa-Tunya National Park adalah 66 km persegi (16.309 acres) dan Victoria Falls National Park, 23 km persegi (5683 acres). Namun, di sebelah selatan di kedua bank adalah Taman Nasional Zambezi, memperluas 40 km (25 mil) barat di sepanjang sungai.  Binatang dapat bergerak di antara dua Zimbabwe taman dan juga dapat mencapai Matetsi Safari Area, Kazuma Pan Nasional Hwange Park dan taman nasional di selatan.  

Zambian di samping, pagar dan pinggiran dari Livingstone cenderung memperhinggakan hewan paling erysandoval ke-oa-Tunya National Park. Selain memasang pagar oleh lodges dalam respon terhadap kejahatan membatasi gerakan hewan.  Daerah berhutan Mopane jacktt predominates di wilayah tersebut, lebih kecil dengan bidang Miombo dan Rhodesian daerah berhutan jati dan scrubland jacktt. Wilayah tepi sungai hutan dengan pohon-pohon palem baris bank dan pulau-pulau di atas jatuh. Aspek yang paling terkemuka dari kawasan vegetasi meskipun hujan adalah nurtured oleh spray dari jatuh, berisi tanaman langka untuk wilayah seperti polong mahoni, ebony, gading sawit, kurma liar dan sejumlah creepers dan lianas.  vegetasi telah menderita dalam kekeringan, dan sebagainya memiliki hewan yang bergantung padanya, khususnya Antelope. 
 
Margasatwa 

Taman nasional yang berisi banyak satwa liar termasuk cukup besar dari populasi gajah, kerbau, jerapah, zebra, dan berbagai Antelope. Singa dan leopard hanya sesekali terlihat. Vervet kera dan baboons yang umum. Sungai di atas jatuh berisi populasi besar dari kuda nil dan buaya. Gajah menyeberangi sungai di musim kemarau di persimpangan poin tertentu.  
Klipspringers dan clawless otters dapat glimpsed di gorges, tetapi terutama untuk diketahui 35 jenis Raptors. The Taita Falcon, Black Eagle, Peregrine Falcon Augur Buzzard dan berkembang biak di sana. Jatuh di atas, herons, Ikan Eagles dan berbagai jenis burung air yang umum.  
Sungai adalah rumah bagi 39 spesies ikan yang berada di bawah dan di atas 89 spesies ini, kebanyakan hitam trout cod dan licin. Ini menggambarkan efektivitas yang jatuh sebagai penghalang memisahkan antara atas dan bawah Zambezi.

0 komentar: