Dalam mitologi Romawi, Fortuna (setara dengan dewi Yunani Tyche) dewi peruntungan, merupakan pengejawantahan dari luck; mudah-mudahan ia membawa good luck, tetapi dia dapat diwakili berkerudung dan buta, seperti modern depictions of Justice yang terlihat, dan datang untuk mewakili ketidakteraturan yang hidup. Fortuna Atrox diklaim kehidupan Augustus' dua hopeful grandsons, dididik untuk mengambil peran pangeran, sebab ia juga seorang dewi yang nasibnya. Ayahnya telah Jupiter, dan meskipun dia tidak memiliki kekasih atau anak-anak sendiri, Fortuna adalah propitiated oleh ibu.
Fortuna memiliki rombongan yang menyertakan Copia, "karunia", di antara dia berkat. Di bawah nama Annonaria dia gandum yang dilindungi. Dalam kalender Romawi, 11 Juni adalah suci ke Fortuna, dengan yang lebih besar untuk festival Fors Fortuna pada 24
Roma penulis tidak setuju apakah dia kultus diperkenalkan ke Roma oleh Servius Tullius. atau Ancus Marcius. Fortuna memiliki candi di Forum Boarium umum dan tempat perlindungan pada Quirinalis, karena yg mengawasi genius dari Roma sendiri, Fortuna Populi Romani, yang "Kekayaan orang Romawi", untuk Fortuna, maka perwujudan dari khaotis kesempatan acara sebagai sejarahwan modern akan melihatnya, telah terikat erat oleh Roma ke virtus, kekuatan karakter; flaws di publik aktor utama dibawa pada calamities keberuntungan yang sakit, seperti sejarahwan Roma seperti Sallust melihat peran dia: "Sesungguhnya, bila di tempat kerja, pengangguran, di tempat semangat mengukur dan keadilan, canda dan kebanggaan menyerbu, nasib akan berubah sama seperti dengan moralitas".
Di dalam oracle Praeneste terhubung dengan Kuil Fortuna Muliebris masa depan telah dipilih oleh seorang anak kecil dengan memilih tongkat oak mungkin ditulis pada masa depan mereka.
Seluruh penjuru dunia Roma, Fortuna telah disembah di shrines jumlah besar di berbagai judul yang diterapkan kepadanya sesuai dengan berbagai keadaan hidup di mana dia telah mempengaruhi diharapkan memiliki efek positif. Fortuna tidak selalu positif: dia merasa ragu-ragu (Fortuna Dubia); dia dapat "ubah keberuntungan" (Fortuna Brevis), atau betul-betul jahat luck (Fortuna Mala).
Namanya seolah-olah berasal dari Vortumna, "dia yang revolves tahun", namun merujuk pada awal Wheel of Fortune, bersifat lambang dari endless perubahan dalam kehidupan antara kesejahteraan dan bencana, terjadi di Cicero, Dalam Pisonem, ca. 55 SM.
Dalam Seneca dari tragedi Agamemnon, sebuah alamat chorus Fortuna dalam hal yang akan tetap hampir terkenal, dan di gembar-gembor kepahlawanan yang tinggi modus yang Renaissance penulis akan berusaha:
"Ya Fortune, yang menganugerahi dost takhta tinggi mengejek keuntungan dengan tangan, dalam keadaan berbahaya dan kamu ragu-ragu settest yang terlalu mulia. Tidak pernah ada sceptres diperoleh tenang damai atau jabatan tertentu; perawatan weighs perawatan di bawah mereka, dan pernah melakukan segar badai menyusahkan diri mereka sendiri. ... besar kerajaan tenggelam sendiri berat, dan memberikan jalan Fortune 'neath beban sendiri. Layar bengkak dengan angin favouring takut blasts terlalu kuat bagi mereka; menara yang rears atas kepala sampai kepada awan yang dipukuli oleh hujan Auster .... Apapun Fortune telah dibangkitkan yang tinggi, tetapi ia lift untuk membawa rendah. Modest estate telah hidup lagi, kemudian dia senang whoe'er, isi dengan banyak umum, dengan aman mudah hugs pantai, dan takut untuk kepercayaan kepada perahu kecil ke laut yang lebih luas, dengan unambitious dayung terus dekat dengan tanah. "
Kehinaan yang melukai dari Kaisar Valerian oleh raja Shapur I dari Persia (260) disahkan menjadi memori budaya Eropa sebagai contoh dari reversals dari Fortuna. Hans di Holbein dari pena dan tinta menggambar (1521), adalah pelajaran universal yang dibawa pulang oleh para pengaturan kontemporer.
Fortuna tidak menghilang dari imajinasi populer dengan kekuasaan dari Kristen dengan cara apapun di Abad ke 6, maka hati dari Philosophy, oleh filsuf dan negarawan Boethius, yang ditulis sementara ia dihadapi eksekusi, tercermin dari teologi Kristian casus, bahwa seolah-olah acak dan sering berubah menjadi puing's Wheel of Fortune tersebut sebenarnya baik dan Tuhan pasti terjadi, yang bahkan peristiwa yang paling kebetulan adalah bagian dari rencana Allah yang tersembunyi yang tidak boleh melawan atau mencoba untuk berubah. Sekarang, setiap keputusan, pengaruh bintang-bintang itu semua hanya kendaraan dari Divine Will. Fortune crept kembali ke populer penerimaan. Dalam generasi berikut Boethius' membaca hati diperlukan untuk sarjana dan mahasiswa.
Gambar yang ada di mana-mana di Wheel of Fortune ditemukan sepanjang abad dan seterusnya adalah warisan langsung dari kedua buku Boethius dari hati. Roda yang muncul dalam banyak renditions di miniatures dari kecil ke besar manuskrip stained cathedrals di kaca jendela, seperti di Amiens. Lady Fortune biasanya digambarkan sebagai kehidupan yang lebih besar daripada dia menekankan pentingnya. Yang memiliki empat roda khas rak, atau tahapan kehidupan, manusia dengan empat angka, biasanya diberi label di sebelah kiri regnabo (saya akan memerintah), pada bagian atas regno (I memerintah) dan biasanya crowned, turun di sebelah kanan regnavi (I reigned) dan rendah di bawah angka yang ditandai jumlah sinus regno (I have no kerajaan). Medieval pernyataan dari Fortune dia menekankan dualisme dan ketidakstabilan, seperti dua muka berdampingan seperti Janus; satu wajah tersenyum yang lain frowning; setengah wajah putih hitam yang lain, ia mungkin blindfolded tetapi tanpa skala, buta terhadap keadilan. Kadang-kadang dia hidup dan pakaian tebal kelakuan menyarankan pelacur. Dia terkait dengan banyaknya, kemudi kapal, bola dan roda. Yang tumpah ruah yang mengalir dari banyak tempat, yang pengemudi dari kemudi steers nasib, dunia melambangkan kesempatan (yang semakin baik atau buruk luck), dan roda yang melambangkan keberuntungan, baik atau buruk, tidak pernah berlangsung.
Keberuntungan akan memiliki banyak pengaruh budaya bekerja di sepanjang abad. Dalam Le Roman de la Rose, Fortune frustrates yang diharapkan dari kekasih yang telah membantu oleh perwujudan karakter "Alasan". Dalam Dante dari neraka, dalam ketujuh canto, Virgil menjelaskan sifat Fortune. Boccaccio dari De Casibus Virorum Illustrium ( "The Famous menenungkan dari laki-laki"), yang digunakan oleh John Lydgate untuk menenangkan his Fall of Princes, memberitahu banyak tempat pergantian Fortune dari roda membawa mereka yang sangat tinggi untuk bencana. Keberuntungan dia membuat tampilan di Carmina Burana (lihat gambar). Lady Fortune muncul dalam bab 25 dari Machiavelli's The Prince, di mana dia mengatakan peraturan Fortune hanya setengah manusia nasibnya, yang lainnya setengah yang akan mereka sendiri. Machiavelli mengingatkan bahwa pembaca Fortune adalah seorang perempuan, bahwa ia nikmat yang kuat, atau bahkan kekerasan tangan, dan bahwa ia nikmat yang lebih agresif dan bold pemuda dari sebuah gereja malu. Bahkan Shakespeare itu tidak asing ke Lady Fortune:
Memalukan ketika dalam Fortune dan laki-laki dengan mata
Saya sendiri beweep saya semua negara terkutuk ... - Sonnet 29
Pars Fortuna di Astrologi
llustration oleh Al-Biruni (973-1048) dari berbagai fase bulan, dari Persia Kitab Al-tafhim
Dalam Astrologi istilah 'Pars Fortuna' mewakili matematis dalam mintaku'lburuj diturunkan oleh longitudinal posisi Sun, Bulan dan Ascendant (Rising tanda) di bagan kelahiran dari seorang individu. Ia merupakan titik sangat bermanfaat dalam grafik horoscopic. Astrologi dalam bahasa Arab, ini disebut Arab Parts.
Mengikuti prosedur untuk pemasangan satu dari Pars Fortuna dalam kuno dan tradisional astrology bergantung pada waktu lahir, yaitu., Selama waktu siang atau malam (Minggu adalah apakah di atas atau di bawah ufuk). Modern astrology barat hari rumus waktu hanya digunakan untuk beberapa tahun, tetapi dengan banyak pengetahuan kuno astrology, dua metode perhitungan sekarang sering digunakan.
Rumus untuk menghitung hari timne Sebagian dari Fortune (PF) adalah (menggunakan 360 derajat posisi untuk setiap titik):
PF + = Ascendant Moon - Minggu
Rumus untuk malam waktu Bagian dari Fortune adalah:
PF + = Ascendant Minggu - Bulan
Setiap hasil perhitungan dalam metode yang berbeda untuk posisi mintaku'lburuj Sebagian dari Fortune.
Al Biruni (973 - 1048), sebuah abad ke-11 matematika, astronomer dan sarjana, yang merupakan penyokong besar dari prediksi sistem ini, terdapat total 97 Onderdil Arab, yang banyak digunakan untuk Astrological konsultasi. Paul Vachier telah menyiapkan bahasa Arab Parts Kalkulator untuk semua perlengkapan Arab
Aspek Fortuna
- Fortuna Annonaria membawa keberuntungan dari panen
- Fortuna Belli yang keberuntungan perang
- Fortuna Primigenia diarahkan pada keberuntungan dari firstborn anak pada saat ini lahir
-Fortuna Virilis dihadiri seorang dari karir
- Fortuna Redux aman membawa satu rumah
- Fortuna Respiciens yang keberuntungan dari penyedia
- Fortuna Muliebris yang beruntung dari seorang wanita. Sikap khas dari Roma, maka nasib perempuan dalam perkawinan, bagaimanapun, adalah Fortuna Virilis.
- Fortuna Victrix membawa kemenangan dalam peperangan
- Fortuna Augusta yang keberuntungan dari maharaja
- Fortuna Balnearis yang keberuntungan yang mandi
- Fortuna Conservatrix yang keberuntungan dari pelampung
- Fortuna Equestris keberuntungan dari Knights
- Fortuna Huiusque keberuntungan di hari ini
- Fortuna Obsequens keberuntungan dari dosa
- Fortuna Privata keberuntungan dari pribadi masing-masing
- Fortuna Publica nasib rakyat
- Fortuna Romana keberuntungan Roma
- Fortuna Virgo keberuntungan yang perawan
- Pars Fortuna
0 komentar:
Posting Komentar