Dalam mitologi Romawi, Diana adalah dewi dari berburu, dikaitkan dengan binatang liar dan daerah berhutan, dan juga dari bulan. Dalam sastra dia sama dengan dewi Artemis di Yunani, meskipun dalam kultus kepercayaan dia Miring, bukan Yunani, dalam asal. Diana telah disembah di Roma kuno agama dan saat ini sedang dalam revered agama yang Religio Romana Neopaganism dan Stregheria. Seiring dengan atribut utama, Diana merupakan lambang dari kesucian. Groves oak adalah suci khususnya kepadanya. Menurut mitologi, Diana lahir dengan saudara kembar Apollo di pulau Delos, dan anak perempuan Jupiter Latona. Diana trinity yang terdiri dengan dua dewa-dewa Roma: Egeria peri air, dia hamba dan asisten bidan, dan Virbius, di daerah berhutan Tuhan.
Diana adalah nama dari akar yang mati "hari" dan deus "Tuhan", paralleling Yunani Dione di Dodona (lihat juga Dyeus dan Janus).
Diana awalnya hanya dewi perburuan, yang berhubungan dengan binatang liar dan Woodlands. Ia juga kemudian menjadi dewi rembulan, supplanting Luna.
Diana telah disembah di festival pada 13 Agustus, ketika Raja Servius Tullius, dirinya lahir seorang budak, dia pura berdedikasi pada Aventine Hill di pertengahan abad keenam SM. Yang ditempatkan pada Aventine, dan dengan itu di luar pomerium, berarti Diana's kultus dasarnya tetap menjadi 'asing' satu, seperti yang Bacchus; ia tidak pernah secara resmi 'ditransfer' ke Roma sebagai Juno adalah setelah karung Veii. Sepertinya dia berasal dari kultus Aricia, di mana dia imam, yang Rex Nemorensis tetap. Ada yang sederhana udara terbuka fane dilaksanakan dalam bahasa Latin oleh suku, Roma yang aspired untuk menggalang menjadi liga dan langsung. Diana dari kayu itu segera Hellenized sepenuhnya, "sebuah proses yang culminated dengan tampilan di samping Diana Apollo pada lectisternium di Roma". Diana telah dianggap dengan penghormatan besar oleh warga negara kelas rendah dan budak; budak dapat menerima suaka di candi.
Walaupun beberapa Roma patrons memerintahkan replicas marmer yang khusus Anatolian "Diana" dari Ephesus, dimana Kuil Artemis berdiri, Diana biasanya digambarkan untuk dididik Roma di Yunani samaran. Jika ia didampingi oleh rusa, seperti pada Diana Versailles (ilustrasi, di atas kanan) ini adalah karena Diana adalah wanita yang berburu. Rusa yang mungkin juga menawarkan bersuami merujuk pada mitos yang Acteon (atau Actaeon), yang melihat dia mandi telanjang. Diana Acteon diwujudkan menjadi bujangan dan menetapkan sendiri berburu anjing membunuhnya.
Diana ibadah yang disebutkan di dalam Alkitab. Dalam Kisah dari para Rasul, Ephesian metalsmiths yang merasa terancam oleh Saint Paul's khotbah dari Kekristenan, rioted dgn hati-hati dalam pertahanan, berteriak "Great adalah Diana dari Efesus" (Kisah 19:28, New English Bible).
Diana's kultus telah terkait di awal Eropa modern dengan kultus yang Nicevenn (aka Habond Dame, Perchta, Herodiana, dll). Dia mitos yang berkaitan dengan anak perempuan Wild Hunt, dekat dengan Benandantis' perjuangan melawan kejahatan penyihir.
Diana tetap figur penting dalam beberapa mythologies modern. Orang-orang yang beriman yang hidup dalam masyarakat prasejarah matriarkal masyarakat untuk mempertimbangkan Diana berasal dari seorang ibu dewi menyembah pada saat itu.
Wicca
Hari ini ada satu cabang Wicca nama untuk dia, yang dicirikan oleh eksklusif fokus pada aspek feminine Divine.
Stregheria
Italia yang lama dalam agama yang Stregheria embraced dewi Diana sebagai Queen of the Witches; witches sebagai perempuan bijaksana Healers of the time. Dewi Diana menciptakan dunia sendiri yang memiliki bibit di dalam diri dari semua penciptaan belum datang. Dikatakan bahwa dari dia sendiri dibagi ke dalam gelap dan terang, untuk menjaga diri gelap penciptaan dan membuat dia saudara Apollo, terang. Dewi Diana mengasihi dan memerintah dengan saudara Apollo, dewa yang Minggu
Beberapa orang melihat Diana Nemorensis sebagai orang yang terpisah atau dewi, tetapi ia adalah dewi yang sama Roma, dengan berbagai cerita dari berbagai tempat melihat, strega di Roma dan memiliki cerita yang berbeda.
Sejak Renaisans mythic Diana yang sudah sering diungkapkan dalam seni visual dan dramatis, termasuk di opera L'arbore Diana. Pada abad keenambelas, Diana's figured gambar dengan jelas di Chateau de Fontainebleau, dalam rasa hormat kepada Diane de Poitiers, bergendak dua raja-raja Perancis. Di Versailles dia dimasukkan ke dalam ikonografi yang mulia Louis XIV, yang Apollo seperti "Minggu Raja" liked ke surround sendiri.
Ada juga rujukan kepada umum dalam sastra. Dalam Shakespeare's play, Romeo and Juliet, banyak referensi yang dibuat untuk Diana. Rosaline, seorang wanita cantik yang telah bersumpah untuk kesucian, dikatakan telah "Dian's wit". Nanti dalam bermain, Romeo mengatakan, "Sudah di Timur, dan Juliet adalah Minggu adil Bangunlah Minggu, dan membunuh iri bulan." Dia adalah yang mengatakan bahwa Juliet adalah lebih baik daripada Diana dan Rosaline untuk tidak sumpah kesucian. Diana juga karakter di 1876 Leo Delibe balet 'Sylvia'. Plot yang berurusan dengan Sylvia, salah satu dari nymphs Diana dan bersumpah untuk kesucian dan Diana dari serangan terhadap Sylvia's affections untuk gembala Amyntas.
Dalam Jean Cocteau 1946 dari film La Belle et la Bête Diana adalah kekuatan yang telah diwujudkan dan dipenjarakan binatang.
Dalam literatur
Dalam buku komik pengetahuan, karakter dari Wonder Woman yang hails dari surga Pulau yang kaya akan mitologi Yunani ditulis menjadi turunan dari Tuhan, dan setelah bulan bernama dewi
Diana, seperti banyak aspek mitologi, digambarkan dalam buku komik Asterix. Candi di Roma, banyak kali patung Diana dapat dilihat di latar belakang, digambarkan sebagai wanita yang baik dibulatkan, biasanya duduk pada pria saja, yang nampaknya menderita.
Di Rumania untuk kedua kata "fairy", zânǎ dan Astur kata untuk "dewi air", xana, tampaknya berasal dari nama Diana
0 komentar:
Posting Komentar